8.17.2015

Prototype Teks Proklamasi

Pada hari Kamis, 13 Agustus 2015, saya diminta untuk membuat naskah teks proklamasi bersama teman pada saat pelajaran Sejarah Indonesia untuk merasakan bagaimana ketegangan pada saat penyusunan teks proklamasi yang dilakukan oleh Sukarno dan Muhammad Hatta 70 tahun lalu secara individual, dan inilah hasilnya:


PROKLAMASI

Atas asas kemerdekaan dan kemanusiaan, kami seluruh bangsa Indonesia, menyatakan merdeka dan bebas dari kekuasaan pihak luar. Segala urusan mengenai pemerintahan dan kekuasaan akan dilaksanakan dengan saksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya. Proklamasi ini hendaknya diperhatikan demi mewujudkan persatuan dan kebersamaan, serta membuktikan bangsa Indonesia adalah negara yang berdikari.



Lalu, kami dibentuk kelompok/4 orang, mendiskusikan hasil masing-masing pemikiran dari teks proklamasi yang dibuat secara individu, dan kelompok saya yang berangotakan Hafi, Yusqi dan Afif merumuskan teks proklamasi menjadi:

PROKLAMASI

  Tanggal 17 Agustus tahun ’05 atas asas kemerdekaan dan kemanusiaan. Kami bangsa Indonesia menyatakan kemerdekaan Indonesia.
               Dengan ini bangsa Indonesia menjadi bangsa yang bersatu dan mandiri. Segala hal mengenai urusan bangsa dan Negara baik dalam maupun luar negeri sepenuhnya merupakan hak bangsa Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar